7 Pilihan Obat Sakit Gigi yang Ampuh

Sakit gigi bisa sangat menyebalkan karena hal tersebut mempengaruhi otak (kepala) sehingga orang yang sakit gigi cenderung sulit untuk berpikir jernih dan maunya hanya marah-marah saja. Apapun penyebab sakit gigi, baik itu karena gigi berlubang, karena tambalan yang longgar, karena abses, karena retak, atau karena kondisi sinus, bisa diobati dengan berbagai cara. Sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke dokter, mungkin beberapa pilihan obat sakit gigi alami berikut ini bisa Anda coba.

sakit gigi

Obat sakit gigi: berkumur dengan air garam

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan air garam. Sediakan satu sendok teh garam kemudian larutkan ke dalam secangkir air yang mendidih. Tunggulah hingga air tersebut tdak terlalu panas (dalam kondisi hangat) kemudian gunakan untuk berkumur-kumur. Obat kumur alami ini akan membantu membersihkan kuman dan bakteri serta mengurangi pembengkakan.

Berkumurlah selama kurang lebih 30 detik. Ulangi cara tersebut beberapa kali dalam sehari.

Obat sakit gigi: daun sirih

Daun sirih bisa juga dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi. Caranya:

Sediakan daun sirih dan cengkeh kemudian rebus keduanya. Setelah air mendidih, matikan api dan diamkan hingga air menjadi dingin. Kemudian gunakan untuk berkumur kumur.

Obat sakit gigi: jeruk nipis

Cara memanfaatkan jeruk nipis untuk mengobati sakit gigi adalah dengan meneteskan beberapa air perasan jeruk nipis di bagian gigi yang berlubang atau di bagian yang sakit. Atau Anda juga bisa menerapkan air jeruk nipis di bagian gusi yang bengkak dengan menggunakan bantuan kapas dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.

Obat sakit gigi: belimbing wuluh

Belimbing wuluh yang sering dijadikan sebagai penyedap masakan tersebut bisa juga bermanfaat sebagai obat sakit gigi. Cara mengobati sakit gigi dengan belimbing wuluh adalah:

Ambil satu buah belimbing wuluh kemudian tumbuk hingga halus dan campurkan dengan garam secukupnya. Setelah itu tempelkan di bagian gusi yang bengkak atau di bagian gigi yang sakit.

Obat sakit gigi: lada dan garam

Garam yang dicampurkan dengan lada sangat bermanfaat ketika Anda merasakan gigi sangat sensitif atau sakit yang disebabkan bakteri atau karena gigi berlubang.

Lada dan garam apabila dicampur dapat menghasilkan sebuah obat alami (obat herbal) yang memiliki sifat anti–inflamasi, analgesik, dan memiliki sifat anti-bakteri. Cara membuatnya:

Pertama campurkan lada dan garam dalam jumlah yang sama, kemudian tambahkan beberapa tetes air agar campuran tersebut bisa rata dan membentuk pahpah.

Setelah itu oleskan pasta yang Anda buat dengan menggunakan lada dan garam tersebut di bagian gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit. Cara ini bisa dilakukan setiap hari selama beberapa hari.

Obat sakit gigi: berkumur dengan hidrogen peroksida

Sebagian besar sakit gigi sangat menyiksa karena ada bakteri yang menyebabkan pembusukan di sekitar gusi, yang menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk membunuh bakteri tersebut, Anda bisa mencoba berkumur dengan menggunakan larutan hidrogen peroksida.

Cara memanfaatkan hidrogen peroksida untuk mengobati sakit gigi adalah dengan mengambil sekitar 3% larutan hidrogen peroksida kemudian campurkan dengan air untuk digunakan berkumur-kumur.

Hidrogen peroksida sangat baik jika dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi yang disertai dengan demam dan bau mulut. Karena kedua-duanya merupakan gejala infeksi. Obat ini bisa dimanfaatkan sebelum Anda memutuskan untuk berkunjung ke dokter.

Obat sakit gigi: es batu

Es batu sebenarnya bukan berfungsi sebagai obat melainkan berfungsi untuk meringankan gejala sakit yang diakibatkan karena sakit gigi. Cara memanfaatkannya, tempatkan es batu di dalam kantong plastik atau gunakan kain tipis untuk membungkusnya. Setelah itu terapkan pada gigi yang sakit selama kurang lebih 15 menit untuk mematikan saraf. Atau Anda juga bisa menempelkannya di bagian pipi dimana pembengkakan terjadi.

Beberapa orang menyarankan untuk memijat-mijat tangan dengan menggunakan es batu karena hal tersebut bisa membantu meringankan rasa sakit gigi.